Jumat, 05 Juli 2013

penemuan topeng hijau di indonesia


September 7, 2010 oleh Fiorella Rispoli Filed Under: Issue 43 , Fitur , Jawa Sekitar sepuluh tahun yang lalu seorang kolektor seni kuno Indonesia telah menghubungi saya dan suami saya untuk meminta pendapat kami pada sekelompok masker dilemparkan dalam logam hijau yang aneh di tangannya. Beberapa topeng ini, kata dia, telah pulih dari sebuah kuil bawah tanah di sebuah situs terpencil yang disebut Gua Made utara Sungai Brantas di Jawa Timur. Aku segera skeptis, dan menjadi terus lebih sehingga ketika kolektor mengumumkan bahwa 'topeng berusia lebih dari 3.000 tahun. Tanggal ini didasarkan pada thermoluminesensi (TL) analisis batu bata terakota dari 'candi bawah tanah'. Dengan asumsi hubungan sementara antara masker dan kuil, kolektor kemudian mengusulkan bahwa keduanya bisa menjadi produk dari sebuah peradaban yang hilang. Terdengar seperti plot sebuah thriller arkeologi pulp, itu berisi bahan dari misteri klasik: masker kuno menakjubkan yang dibuat dari logam misterius, ditemukan di sebuah eksotis underground 'kuil' yang suci bagi budaya dilupakan. Semua yang hilang adalah publisitas. Tidak lagi. Sebuah artikel baru-baru ini oleh AM Steiner dan M Vidale di halaman-halaman majalah ternama Italia Archeo, mendukung kencan topeng hijau untuk awal milenium 1 SM. Mereka berlangganan gagasan peradaban yang hilang, mengamati bahwa penemuan topeng dan tanggal mereka menulis ulang arkeologi Pulau Asia Tenggara, 'membuka halaman baru, tak terduga dari buku menarik dari Eurasia kehilangan masa lalu'. Banyak ahli arkeologi di Asia Tenggara, tanggal ini tampaknya terlalu dini. Itu seribu tahun kemudian bahwa peradaban besar 'klasik' muncul, berdasarkan cita-cita Buddha. Mungkinkah penemuan-penemuan baru yang benar-benar mendahului peradaban ini? Atau ada penjelasan lain? Pertanyaan-pertanyaan ini datang untuk urusan saya pribadi ketika otoritas diplomatik Italia di Indonesia menaruh minat dalam masker Gua Buatan. Hal ini menyebabkan Italia Institut Afrika dan Timur (IsIAO) menunjuk saya untuk mengarahkan kampanye penggalian di situs tersebut. Pada bulan Juli 2007, oleh karena itu, dalam perjanjian penuh dengan semua pihak berwenang Indonesia yang relevan, saya mulai musim lapangan pertama saya di Gua Buatan. Mengatur adegan Penemuan situs ini kontroversial, dan berbagai saksi telah memberikan pernyataan yang berbeda tentang keadaan. Fakta-fakta, sejauh mereka dapat dibentuk, adalah: setelah penjarahan awal, dua penggalian pendek dilakukan oleh Biro untuk Konservasi Purbakala Jawa Timur (BACEJ). Didanai oleh kolektor yang mendapat masker, ini berlangsung selama enam hari pada tahun 2001, dan dua minggu pada tahun 2006. Dalam prosesnya, empat poros vertikal dikosongkan. Ditutupi oleh kubah batu bata, poros tersebut dihubungkan oleh koridor menembus batuan dasar pada kedalaman sekitar 7m di bawah permukaan tanah. Menemukan termasuk impor keramik mengkilap, tembaga Cina atau koin perunggu dan, tentu saja, masker hijau mencolok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar